Selasa, 30 April 2013

makalah Manfaat Wakyu Luang


MAKALAH
MANFAAT WAKTU LUANG


Di susun oleh :
                                    Nama                          : Zyda Rizqia Nur
                                    NPM                           : 1111500171
Semester/Kelas          : 3 C
Jurusaan                    : Bimbingan Konseling
                                    Mata Kuliah              : BK Pribadi Sosial

UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
2012                                         

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah penulis dengan mengucapkan rasa syukur kehadirat Allah SWT yang  telah melimpahkan rahmat &  hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini. Tidak lupa penulis mengucapkan terima kasih  kepada bapak Sukoco selaku Dosen di Universitas Pancasakti Tegal yang masih memberikan kepercayaannya kepada penulis dan tidak lupa penulis juga mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan yang sudah memberikan dukungan untuk pembuatan makalah ini.
Waktu memang selalu berjalan dan akan terus berjalan. Waktu tidak dapat diciptakan oleh manusia, tapi waktu bisa kita manfaatkan bersama. Begitu banyak waktu yang ada di kehidupan kita, tapi pertanyaannya adalah berapa persen waktu yang telah kita manfaatkan untuk kemajuan diri kita.
Penulis telah berupaya dengan segala kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki sehingga  makalah ini dapat selesai dengan baik dan oleh karenanya, penulis dengan rendah hati menerima masukan, kritik dan saran guna penyempurnaan makalah ini.
Akhirnya penulis berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca.

Tegal,     Januari  2013

Penulis







DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL ......................................................................................      
KATA PENGANTAR ....................................................................................      
DAFTAR ISI....................................................................................................      
BAB I       PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang..........................................................................      
B.     Rumusan Masalah.....................................................................      
BAB II      PEMBAHASAN
A.    Gali Kreativitas dengan Memanfaatkan Waktu Luang............      
B.     Macam Kegiatan yang bisa Dilakukan di Waktu Luang..........      
C.     Manfaat Mengisi Waktu Luang................................................           
BAB III    PENUTUP
A.    Kesimpulan...............................................................................      
B.     Saran ........................................................................................      

DAFTAR PUSTAKA .....................................................................................      













BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
           
Ada banyak hal yang dapat kita lakukan semasa hidup kita. Berapa banyak nafas yang kita hembuskan, sebanyak itu pula waktu kita telah berlalu. Ini bukan masalah yang remeh, tapi ini akan menjadi sejarah hidup kita dan akan dipelajari oleh generasi setelah kita.
Waktu memang selalu berjalan dan akan terus berjalan. Waktu tidak dapat diciptakan oleh manusia, tapi waktu bisa kita manfaatkan bersama. Begitu banyak waktu yang ada di kehidupan kita, tapi pertanyaannya adalah berapa persen waktu yang telah kita memanfaatkan untuk kemajuan diri kita.
Waktu yang telah berlalu dan terbuang sia-sia jangan dilanjutkan dengan menyesal yang berlarut. Ternyata waktu yang berlalu itu dapat kita manfaatkan kembali yaitu menggunakannya sebagai bahan pelajaran untuk upaya kita menjadi lebih maju. Sebenarnya waktu luang itu bukanlah berhentinya suatu aktifitas. Ukuran tersebut terlalu sempit untuk menilai waktu luang. Waktu luang adalah dimana kita sedang tidak melakukan suatu aktifitas tertentu.

B.     Rumusan Masalah
1.      Gali kreativitas dengan memanfaatkan waktu luang?
2.      Macam- macam kegiatan yang bisa dilakukan di waktu luang?
3.      Manfaat mengisi waktu luang?



BAB II
PEMBAHASAN

A. Gali Kreativitas dengan Memanfaatkan Waktu Luang  
Waktu yang telah berlalu dan terbuang sia-sia jangan dilanjutkan dengan menyesal yang berlarut. Ternyata waktu yang berlalu itu dapat kita manfaatkan kembali yaitu menggunakannya sebagai bahan pelajaran untuk upaya kita menjadi lebih maju. Dari pada menyesal terus-terusan lebih baik berfikir lebih kreatif lagi supaya kita dapat berkembang.
Pada umumnya kreatifitas itu akan muncul dan tertanam jika kita telah membiasakan diri kita dengan suatu kegiatan yang fokus.Misalnya, keseharian kita ada di kantor untuk bekerja, sepulang dari kantor kita punya waktu luang di sore atau malam hari, kemudian waktu luang ini kita gunakan untuk berkarya dengan menulis (menulis kegiatan yang telah dialami atau menulis rencana kerja selanjutnya). Inilah yang dinamakan memanfaatkan waktu luang.
B.     Kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan
Setelah kita memiliki waktu luang, kita bisa mulai memilih kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan. Kegiatan-kegiatan tersebut bisa dilihat berdasarkan fungsinya sebagai (1) sarana relaksasi, (2) sarana hiburan atau rekreasi, dan (3) sarana pengembangan ketrampilan dan kemampuan pribadi contohnya seperti kursus gambar.
Kegiatan relaksasi aktif semisal berkebun, membetulkan alat rumah tangga, memperbaiki sepeda motor. Kegiatan tersebut karena sifatnya produktif, cenderung meningkatkan ketrampilan dan harga diri. kita juga bisa melakukan relaksasi pasif dengan cara menonton televisi, mendengarkan musik, dan membaca tulisan ringan.
 Namun terlalu banyak kegiatan relaksasi pasif bisa membuat kehilangan waktu untuk kegiatan yang lebih produktif. Kegiatan rekreasi yang bisa kita pilih antara lain : beristirahat, menggeluti hobi, membaca buku, hingga menjadi pendukung dari suatu tim sepakbola. Terakhir, kita bisa mengisi waktu dengan kegiatan yang dapat mengembangkan diri anda, contohnya : mengikuti les ballet, kelompok teater, kursus englisht, melukis, mengarang, membuat sajak, memasak, menata musik, membuat patung. Kegiatan ini selain meningkatkan ketrampilan, juga menimbulkan perasaan kesuksesan telah membuat sesuatu.
Contoh Lain kegiatan yang Memanfaatkan Waktu Luang berdasarkan Fungsinya Yaitu:
1. Memikirkan Tujuan Kita
Ambillah waktu 10 menit untuk memikirkan tujuan-tujuan kita. Jika kita tidak memiliki datar tujuan, mulailah untuk membuatnya. Tuliskanlah daftar langkah penyelesaiannya untuk beberapa minggu berikutnya untuk menjadikan tujuan-tujuan kita menjadi kenyataan. Langkah penyelesaian apakah yang akan kita lakukan hari ini? Semakin kita memfokuskan diri kepada tujuan-tujuan kita, semakin semuanya akan menjadi kenyataan.
3. Mencari ide-ide.
Hanya dengan memanfatkan waktu yang cukup singkat yaitu dengan waktu 5 menit kita dapat mengeluarkan notebook atau buku catatan dan mulai membuat daftar ide yang nantinya akan di gunakan kita dalam kehidupan pribadi kita.
4. Membersihkan meja.
Kita bisa mengisi waktu luang dengan membersihkan meja belajar kita.Hal ini mungkin hanya memakan waktu 10 menit dari waktu luang kita. Meja yang rapi akan membuat kita semangat untuk belajar.
5. Berolah raga.
Tidak pernah memiliki waktu berolah raga? 10 menit cukup untuk melakukan push up. Lakukan 2-3 kali sehari, dan kita akan merasa jauh lebih fit dan semangat.
6. Berjalan-jalan.
Ada salah satu bentuk berolah raga yang tidak butuh waktu lama, tetapi dapat dilakukan di mana saja, bahkan lebih penting lagi hal ini adalah cara yang baik untuk meregangkan kaki Anda dari duduk di belakang meja terlalu lama dan membuat aliran darah lancar. Bila Anda sedang kehabisan ide, berjalan-jalan adalah cara yang baik untuk melancarkannya.
7. Follow up.
Simpanlah sebuah daftar follow-up bagi segala sesuatu yang sedang Anda tunggu. Jawaban telepon, email, memo – apapun yang orang lain janjikan atau berhutang kepada Anda, taruhlah dalam daftar. Ketika Anda memiliki waktu senggang 10 menit, lakukan follow up melalui telepon dan email.
8. Meditasi.
Meditasi singkat selama 5-10 menit (atau tidur sebentar) dapat amat menyegarkan pikiran Anda.
9. Penelitian.
Bila saya memiliki hanya beberapa menit saja, saya akan melakukan penelitian dengan cepat dan membuat beberapa catatan. Lakukan hal ini beberapa kali, dan saya selesai melakukannya!
10. Outline.
Sama dengan melakukan brainstorming, tetapi hal ini lebih formal. Saya senang membuat outline dari sebuah artikel, laporan atau proyek yang rumit, dan hal ini menolong mempercepat semuanya bila sudah mulai menuliskannya. Dan membuat outline hanya butuh beberapa menit saja.
11. Lakukan persiapan.
Membuat outline adalah salah satu cara untuk mempersiapkan suatu pekerjaan yang lebih lama, tetapi ada lebih banyak cara untuk melakukan persiapan bagi tugas berikutnya di dalam daftar Anda. Anda bisa saja tidak memiliki waktu untuk benar-benar menyiapkan tugas Anda sekarang juga, tetapi sekembali dari meeting atau makan siang, sebaiknya Anda sudah melakukan persiapan dan siap melangkah.
12. Selalu lebih awal.
Memiliki sedikit waktu senggang sebelum meeting? Datanglah lebih awal sebelum mulai meeting. Memang tidak menyenangkan datang terlebih dulu dan belum ada siapapun yang hadir, tetapi sebenarnya orang menghargai mereka yang muncul lebih awal. Hal ini lebih baik daripada terlambat.
13. Catatan harian.
Kalau Anda terbiasa menulis catatan harian, maka Anda bisa memanfaatkan waktu Anda untuk menulis catatan harian.
Itulah tips menggunakan waktu luang yang perlu kita ketahui. Apakah Anda sudah menggunakan waktu luang dengan benar?

Manfaat Mengisi Waktu Luang

Mengisi waktu tersebut dengan hal-hal yang berguna sangat bermanfaat dalam artian untuk kesejahteraan pribadi adalah sebagai berikut.
a. Bisa meningkatkan kesejahteraan jasmani
b. Meningkatkan kesegaran mental dan emosional
c. Membuat kita mengenali kemampuan diri sendiri
d. Mendukung konsep diri serta harga diri
e. Sarana belajar dan pengembangan kemampuan
f. Pelampiasan ekspresi dan keseimbangan jasmani, mental, intelektual, spiritual, maupun estetika
g. Melakukan penghayatan terhadap apa yang kita sukai tanpa tidak memperdulikan segi materi.


BAB III
PENUTUP

A.      Kesimpulan
Sebenarnya waktu luang itu bukanlah berhentinya suatu aktifitas. Ukuran tersebut terlalu sempit untuk menilai waktu luang. Waktu luang adalah dimana kita sedang tidak melakukan suatu aktifitas tertentu.
waktu yang berlalu dapat kita manfaatkan kembali yaitu menggunakannya sebagai bahan pelajaran untuk upaya kita menjadi lebih maju. Dari pada menyesal terus-terusan lebih baik berfikir lebih kreatif lagi supaya kita dapat berkembang. Pada umumnya kreatifitas itu akan muncul dan tertanam jika kita telah membiasakan diri kita dengan suatu kegiatan yang fokus


B.SARAN

·         Hendaknya makalah ini dibaca, agar pembaca dapat memanfaatkan waktu luangnya dengar baik.
·         Dan sebaiknya dibaca dengan teliti agar pembaca bisa mengetahui manfaat apa saja yang kita dapatkan setelah menggunakan waktu luang dengan baik dan benar.













DAFTAR PUSTAKA



http://ismailonline.com/manfaatkan-waktu-luang-untuk-berkreasi/
http://4loveandlife.blogspot.com/2011/06/memanfaatkan-waktu-luang.html
http://popsy.wordpress.com/2007/06/05/mengisi-celah-waktu-luang/
                                       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar