Jumat, 10 Mei 2013

Motivasi Belajar


MOTIVASI BELAJAR

a)            Pengertian Motivasi Belajar
Jadi motivasi adalah keadaan dalam diri individu atau organisme yang mendorong perilaku kearah tujuan (Walgito, 2004: 220). Sedang menurut Plotnik (2005: 328), motivasi mengacu pada berbagai factor fisiologi dan psikologi yang menyebabkan seseorang melakukan aktivitas dengan cara yang spesifik pada waktu tertentu. Motivasi adalah suatu kondisi yang menyebabkan atau menimbulkan perilaku tertentu, dan memberi arah dan ketahanan (persistence) pada tingkah laku tersebut (Wlodkowski:1985).
Dalam bukunya Ngalim Purwanto, mengatakan bahwa motivasi adalah suatu pernyataan yang kompleks di dalam suatu organisme yang mengarahkan tingkah laku terhadap suatu tujuan atau perangsang. Tujuannya adalah yang membatasi/menentukan tingkah laku organime itu (Ngalim Purwanto,2007:61)
Sedangkan Belajar adalah usaha yang dilakukan dengan sengaja yang dapat menimbulkan tingkah laku (baik actual/nyata maupun potensil/tidak tampak) dimana perubahan yang dihasilkan tersebut bersifat positif dan berlaku dalam waktu yang relatif lama.
Dibawah ini pengertian belajar menurut para ahli:
·            Cronbach, Lindgren, Crow & Crow
Belajar adalah perubahan tingkah laku yang terjadi karena pengalaman.
·            Masrun, Sri Mulyani
Belajar adalah proses perubahan lahir dan batin dimana perubahan yang terjadi bersifat positif dan relative permanen.
·            Morgan
Belajar adalah segala perubahan perilaku yang relative permanen yang muncul sebagai akibat dari latuhan dan pengalaman.
Jadi kami dapat menarik kesimpulan bahwa Motivasi Belajar merupakan sesuatu yang terdapat pada diri seseorang individu dimana ada suatu dorongan untuk melakukan sesuatu guna mencapai tujuan yang lebih baik dalam belajar.
b)            Faktor-Faktor yang mempengaruhi Motivasi Belajar
Dimyati dan Mudjiiono (1999:100) mengemukakan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar antara lain :
1.      Cita-cita/aspirasi siswa
2.      Kemampuan siswa
3.      Kondisi siswa di lingkungan
4.      Unsur-unsur dinamis dalam pembelajaran
5.      Upaya guru dalam membelajarkan siswa
c)            Fungsi Motivasi Belajar
Dalam suatu kagiatan atau pekerjaan yang dilakukan tidak lepas adanya fungsi dan kegunaan. Motivasi dalam belajar yang merupakan suatu dorongan memiliki fungsi sebagai berikut :
Ø  Mendorong manusia untuk berbuat atau bertindak. Motif untuk berfungsi sebagai penggerak atau sebagai motor penggerak melepaskan energi.
Ø  Menentukan arah perbuatan yaitu petunjuk suatu tujuan yang hendak dicapai
Ø  Menyelesaikan perbuatan yakni menentukan perbuatan-perbuatan apa yang akan dikerjakan yang serasi guna mencapai tujuan dengan menyisihkan perbuatan-perbuatan yang tidak bermanfaat bagi tujuan tersebut.(Purwanto,2002:70)
Disamping itu ada juga fungsi lain dari motivasi yaitu motivasi adalah sebagai pendorong usaha dan pencapaian prestasi. (sardiman,2001:83).
Kesimpulan dari kami adalah jelas bahwa fungsi motivasi itu memberikan suatu nilai atau itensitas tersendiri dari seorang siswa dalam meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar.

1 komentar: